Berita

Perkara Dugaan Korupsi Di PDAM Senilai 2,4 M, Kejari HST Tetapkan 4 Orang Tersangka

SINAR PAGI BARU, BARABAI - Akhirnya Penyidik Kejaksaan Negeri Hulu Sungai Tengah (HST) telah menetapkan 4 empat orang tersangka dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) dalam pengadaan bahan kimia/tawas senilai Rp. 24 miliar di PDAM Hulu Sungai Tengah (HST) TA 2018 - 2019. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Hulu Sungai Tengah (HST) Trimo, SH.,MH di Aula Kejari HST dengan awak media Kamis, (01/04/2021).

 

Kepala Kejaksaan Negeri HST Trimo, SH.MH mengatakan, perkara dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) penyidik telah menetapkan 4 empat orang tersangka yakni, inisial SBN selaku Dirut PDAM Kabupaten HST periode tahun 2018 - 2022, dan inisial KDA merupakan Pejabat Pembuat Kometmen (PPK) PDAM Kabupaten HST. Dan tersangka inisial IS Direktur CV  KNB yang merupakan rekanan penyedia barang, dan inisial ANZ Direktur CV. TMCB, ungkapnya.

 

Pada pemberitaan sebelumnya, Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) HST klaim sudah mengantongi nama  nama tersangka dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) pengadaan bahan kimia/tawas di PDAM Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) itu senilai Rp. 2,4 Miliar dengan rincian (TA 2018 Rp. 1.194.522.000 – TA 2019 Rp. 1.227.480.00) itu.

 

Berdasarkan Perhitungan Kerugian Negara (PKN) nanti dihitung berdasarkan audit dari BPKP Perwakilan Provinsi Kalsel di Banjarbaru dan dalam waktu dekat ini segera keluar hasilnya. Ucapnya.

 

Saat itu penyidik Kejaksaan Negeri HST telah mengirimkan SPDP kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta sesuai dengan ketentuan. Dan juga sebelumnya, penyidik telah memeriksa 30 orang saksi dalam perkara PDAM ini.

 

Kepala Kejari Hulu Sungai Tengah (HST) Trimo, SH.MH mengatakan, dalam penangananan perkara ini tidak ada kendala yang serius, hanya dalam perkara tersebut butuh alat bukti yang kuat, tentunya penyidik menggandeng Ahli Pengadaan Barang dan Jasa maupun Ahli Auditor. Dalam waktu dekat ini perkara tersebut akan dilimpahkan ke Pengadilan, Ungkapnya. (Din/Red) - KT. Kalsel.