Berita

Ramah Tamah Kejati Kalsel Bersama Dewan Adat Dayak Kulawarga Borneo

Banjarmasin – koranprogresif.co.id – Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan (Kejati Kalsel) gelar acara ramah tamah bersama Masyarakat Dayak Kulawarga Borneo yang dilaksanakan di Aula Anjung Papadaan Kejati Kalsel, Jalan DI Pandjaitan Kota Banjarmasin, Selasa (29/6/2021).

Sebelum memasuki Aula, rombongan yang dipimpin oleh ketua dewan adat Dayak Kulawarga Borneo, Salam, berjumlah puluhan orang disambut oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel, Rudi Prabowo Aji.

Turut hadir dalam acara yang tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, para asisten dan karyawan Kejaksaan Tinggi Kalsel.

Acara ramah tamah dihiasi dengan suasana penuh keakraban dan kekeluargaan.

Tampak perbincangan santai antara Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel dengan ketua dewan adat yang membawa serta anggota pengurusnya dari seluruh kabupaten/kota di Kalsel juga perwakilan dari Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pada kesempatan ini, Kajati Kalsel dan Masyarakat Dayak Kulawarga Borneo saling bertukar cinderamata.
Untuk Kajati Kalsel secara khusus diberikan dan dipasangkan cinderamata khas adat Dayak berupa rompi, ikat kepala dan mandau bergagang tanduk rusa.

Selesai acara, Kajati Kalsel kepada Awak Media menyampaikan bahwa, acara ini adalah silaturahmi antara Kejaksaan Tinggi Kalsel dengan dewan adat Dayak Kulawarga Borneo.

“Saya dan jajaran merasa terhormat bisa menjalin silaturahmi dan sinergi dengan masyarakat, termasuk Masyarakat Dayak Kulawarga Borneo yang notabene merupakan masyarakat asli di Kalimantan,” tuturnya.

“Kami menjalin persaudaraan dan silaturhami. Sebagai pendatang, tentunya kami juga merasa perlu menitipkan diri kepada masyarakat asli di Kalimantan ini,” imbuhnya.

Berkomunikasi dan bersilaturahmi, menurut Kajati, merupakan langkah awal untuk lebih mengenal dan saling memahami agar Kejati Kalsel melalui tugas dan fungsinya bisa lebih bermanfaat dan dirasakan perannya oleh masyarakat di Kalsel.

Di tempat yang sama, Ketua dewan adat Dayak Kulawarga Borneo, Salam membeberkan, silaturahmi dengan Kajati Kalsel ini merupakan rangkaian safari silaturahmi yang dilakukan oleh Masyarakat Dayak Kulawarga Borneo kepada para stakeholder pemerintahan dan penegak hukum di Kalsel.

Masyarakat Dayak Kulawarga Borneo terus berupaya dalam perannya untuk turut membantu pemerintah dan penegak hukum dalam menjaga kerukunan dan kondusifitas di tengah masyarakat baik di Kalsel maupun di Kalimantan secara umum.

“Dengan koordinasi yang baik dengan pemerintah dan penegak hukum, kami ingin berperan dalam menjaga kondusifitas di tengah masyarakat lebih baik lagi ke depannya,” tegasnya. (MN) - KT. Kalsel